Senin, 25 Juli 2011

Malam Hari di Langit Selatan

Berawal dari mata kuliah astronomi,, Sekarang, bagiku malam hari adalah waktu yang paling menyenangkan.. karena pada malam hari kita bisa santai, melepas lelah dari aktivitas di siang hari ditemani dengan berbagai penerangan akibat dari langit yang berubah menjadi gelap.. Lampu mulai menyinari guna menerangi gelapnya malam.. Menatap langit di malam hari adalah suatu hal yang paling menarik untuk dinikmati.. bintang adalah salah satu penerang yang membuat malam menjadi lebih indah dan menyenangkan.. Oleh karena itu saya menyebutnya perhiasan.. Saya membayangkan jika saya dapat terbang menembus langit malam, dan di atas ketinggian kita bisa melihat bintang-bintang itu lebih dekat.. Sejauh mata memandang, kita akan melihat ruang angkasa yang luas dan tidak tahu dimana batasnya.. Indah rasanya jika kita bisa melihat isi ruang angkasa ini.. hahaha.. *berkhayal
Kembali ke topikk >>>>
Melihat bintang dengan mata telanjang memang tidak terlalu jelas sihh (tapi tetep asikk kok..) Untuk melihat bintang dengan jelas kita dapat menggunakan teropong bintang.. kita dapat melihat bintang itu dekat dengan kita.. wooww,, indahh bangettt… Selain lihat bintang kita juga bisa lihat bulan, planet.. untuk bisa lihat itu semua kita gak perlu beli teropong yang harganya mahaLL kok.. Kita bisa buat teropong sederhana sendiri.. kebetulan ada tugas astronomi yang diminta untuk membuat teropong sederhana.
dengan teropong sederhana itu aku bisa lihat perhiasan malam di langit selatan.. Lihat bintang dan bulan.. Pada bulan juni lalu,, aku bisa lihat rasi bintang crux yang bentuknya seperti layang-layang.. selain itu, dengan teropong sederhana aku juga bisa lihat bintang α-centaury yang nampak di langit selatan. Tapi,, daya pisah dari teropong sederhana yang dibuat ini belum bisa untuk lihat bintang α-centaury ini sebagai dua bintang yang terpisah sehingga bintang α-centaury masih terlihat sebagai bintang tunggal.
Selain itu, rasi bintang scorpius, dan circinus terlihat sangat jelas. Dengan menggunakan teropong sederhana ini pun, sudah bisa melihat dengan jelas mana bintang yang paling cerah, lebih cerah, dan paling redup dalam satu rasi bintang. Bintang-bintang  pada rasi circius nampak sangat jelas, besar, dan lebih terang dibandingkan dengan dua rasi lainnya.. Karena saya baru belajar dan belum tahu banyak tentang alam semesta ini, maka untuk tahu rasi bintang yang nampak di langit selatan saya menggunakan peta langit terlebih dahulu.. ini foto dari peta langit..

Perhiasan malam hari lainnya yaitu bulan.. kita juga bisa menikmati bulan dengan mata telanjang,, tapi alangkah lebih indahnya jika melihat bulan dengan menggunakan teropong sederhana ini.. Dilangit malam terdapat bulan yang apabila dilihat menggunakan teropong sederhana ini akan tampak lebih dekat dan lebih terang.
Bisa lihat perhiasan di langit selatan bagiku yang masih bodoh ini adalah suatu hal yang menakjubkan dan sangat menarik.. Subhanallah,, Ini hanya sebagian kecil dari kekuasaan Allah SWT, Sang Pemilik Alam Semesta…

0 komentar:

Posting Komentar